BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4


Alumni Diklat Terpadu Minerba, Untung: Lakukan Pendekatan Multi Rezim Hukum atau Multidoor System

JAKARTA,ALUMNI MINERBA IV-Modus operandi tindak pidana Mineral dan Batubara kian beragam antara lain melakukan kegiatan penambangan dilua...


JAKARTA,ALUMNI MINERBA IV-Modus operandi tindak pidana Mineral dan Batubara kian beragam antara lain melakukan kegiatan penambangan diluar koordinat Wilayah Ijin Usaha Pertambangan, pertambangan yang masa Ijin Usaha Pertambangannya sudah berakhir, kegiatan pertambangan berkedok percetakan sawah baru dan pembangunan perumahan komersil.

“Dalam beberapa kasus, modus pemalsuan dokumen untuk menyiasati laporan batubara. Sehingga data volume dan jenis batubara yang tercantum dalam dokumen tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya,” kata Kaban Diklat Kejaksaan RI,Setia Untung Arimuladi pada penutupan Diklat Terpadu Minerba,Karhula dan Illegal Fishing angkatan IV di Badiklat Jakarta,Senin ( 16/9/19 ) .

 Oleh karena itu strategi pemberantasan tindak pidana Karhutla, tindak pidana Perikanan dan tindak pidana Minerba khususnya dalam hal penegakan hukum, yaitu dilakukan dengan pendekatan multi rezim hukum atau multidoor system.

‘’Dengan pendekatan multidoor ini diharapkan juga dapat meminimalisir peluang lolosnya pelaku kejahatan hingga kepada beneficial owner sebagai  mastermind  tindak pidana di bidang Karhutla, Perikanan dan Minerba dan pengenaan pertanggungjawaban pidana korporasi terhadap pelaku kejahatan, meskipun pendekatan ini  membutuhkan waktu relatif lebih lama,” tegasnya.( Muzer )

COMMENTS