BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4


Peringati 75 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia - Filipina, KBRI Manila Bersinergi dengan Disparekraf DKI Jakarta Gelar Famtrip Travel Writer Influencer dan Jurnalis Filipina

Jakarta - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta dan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Filipina menyelenggarak...




Jakarta - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta dan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Filipina menyelenggarakan familiarization trip (famtrip) bagi para travel writer/influencer/media Filipina tahun 2024 di Jakarta. Kegiatan famtrip ini menjadi salah satu upaya strategis dalam memperkuat promosi pariwisata, ekonomi, sosial, dan budaya Kota Jakarta, selain itu juga sebagai perayaan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Filipina yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan tentang Jakarta dan Indonesia di tingkat internasional.


Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina Bapak Agus Widjojo mengatakan ada tiga poin penting dalam kegiatan Famtrip ke Jakarta tahun 2024, pertama KBRI Manila berkomitmen untuk mendorong peningkatan jumlah wisatawan asing ke Indonesia. Kedua KBRI secara rutin melakukan kegiatan promosi Indonesia di Filipina melalui berbagai kegiatan seperti festival budaya, kuliner dan promosi wisata, salah satunya melalui Famtrip bagi media/influencers. Dan yang terakhir Famtrip ke Jakarta merupakan yang kedua kalinya dan sebagai upaya berkelanjutan KBRI untuk mengenalkan destinasi wisata potensial Indonesia selain Bali. Selain itu tujuan Famtrip adalah untuk meningkatkan citra positif Indonesia bagi publik Filipina.

“KBRI Manila berkomitmen untuk mendorong peningkatan jumlah wisatawan asing ke Indonesia. KBRI secara rutin melakukan kegiatan promosi Indonesia di Filipina melalui berbagai kegiatan seperti festival budaya, kuliner dan promosi wisata, salah satunya melalui Famtrip bagi media/influencers. Famtrip ke Jakarta merupakan yang kedua kalinya dan sebagai upaya berkelanjutan KBRI untuk mengenalkan destinasi wisata potensial Indonesia selain Bali. Selain itu tujuan Famtrip adalah untuk meningkatkan citra positif Indonesia bagi publik Filipina,” jelas Dubes.

"Kami mengajak para peserta dengan latar belakang sebagai influencer dan jurnalis Filipina yang memiliki pengaruh besar melalui media sosial dan media cetak untuk merasakan keindahan kota ini secara langsung. Diharapkan upaya ini dapat secara efektif mempromosikan Jakarta sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan mancanegara, khususnya dari Manila Filipina" terang Ketua Sub Kelompok Pemasaran Luar Negeri, Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf DKI Jakarta Lucky Wulandari pada Jumat (23/2/2024).

 Famtrip bagi para travel writer/influencer/media Filipina 2024 memiliki fokus khusus dalam melibatkan tokoh-tokoh influencer, vlogger, dan jurnalis berpengaruh dari negara Filipina untuk menyebarkan informasi positif tentang Jakarta di kancah global melalui media yang terbit di Filipina dan akun sosial media para peserta.

“Program Famtrip bagi para travel writer/influencer/media Filipina 2024 melibatkan 5 tokoh content creator dari Filipina, yaitu dua V/Blogger The Pinoy Traveler Mr. Marco Dennis P. Esplana dan Ms. Ailen V. Vedad dari The Daily Posh. Tiga Jurnalis media cetak terdiri dari Ms. Helen Grace B. Hernane dari LEAGUE Magazine, Mr. Angelo A. Sanchez dari Manila Bulletin dan Mr. Carlito C. Tugas dari The Mannila Times,” jelas Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf DKI Sherly Yuliana.

Selama famtrip, peserta akan diajak berkeliling ke beberapa landmark ikonik Jakarta, seperti Monumen Nasional, Kota Tua, Bundaran Hotel Indonesia, Halte Transjakarta Sky Deck dan Phinisi, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral serta terowongan silaturahmi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Selain itu, mereka juga dapat menikmati kuliner dan hidangan autentik khas Indonesia di New Batavia Cafe dan Telaga Sampireun Menteng Jakarta.

Satu hal yang menarik, para peserta akan dihadirkan dalam kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Car Free Day di sepanjang jalan Thamrin – Sudirman. Kondisi seperti ini dapat dijadikan sebuah pemberitaan yang fenomenal di media Filipina agar dapat dijadikan sebuah contoh yang dapat diadposi di kota Manila Filipina.

Dengan melibatkan influencer dan jurnalis ternama dari Filipina dan memanfaatkan media sosial secara strategis, famtrip ini diharapkan dapat menarik minat calon wisatawan mancanegara khususnya dari Filipina untuk berkunjung dan meningkatkan visibilitas Jakarta sebagai tujuan perjalanan utama. Sehingga manfaat ekonomi dapat dirasakan oleh bisnis dan industri kreatif lokal.

Para peserta kegiatan Famtrip bagi para travel writer/influencer/media Filipina 2024 akan mengeksplorasi Jakarta pada 25-26 Februari 2024, sekaligus mengikuti proses pembuatan keramik di museum seni rupa dan keramik di Kota Tua Jakarta. Peserta melanjutkan kunjungan ke Bandung 27-28 Februari 2024.( Rls/Red)

COMMENTS