Adhyaksa Foto Indonesia

Penutupan Diklat Terpadu Jaksa dan Hakim Militer, Jampidmil Anwar Saadi: Satu Tujuan Kejaksaan dan TNI Dalam Penanganan Perkara Koneksitas

 


 

Jaksa Agung Muda Pidana Militer ( Jampidmil ) Kejaksaan Agung, Anwar Saadi memimpin upacara penutupan Diklat Terpadu Penanganan Perkara Koneksitas, Jumat ( 28/10/2022 ). 

JAKARTA-
Melalui penyelenggaraan Diklat Terpadu tentang Koneksitas ini, menjadi wujud dari sinergitas dari kerjasama antara Kejaksaan RI dan TNI, yang walau berada dilingkup tatanan dan ranah yang tidak sepenuhnya bsama, yaitu antara sipil dan militer. Namun keduanya memiliki visi dan misi, kesepahaman pemikiran yang sama, yaitu untuk memperkuat ditegaknya hukum di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“ Dari kerjasama yang sudah terjalin tersebut diharapkan terdapat satu tujuan yang sama antara Kejaksaan dan TNI untuk diimplementasikan dan diwujudkan dengan optimal, dalam upaya penegakan hukum, khususnya dalam penanganan perkara koneksitas,” kata Jaksa Agung Muda Pidana Militer ( Jampidmil ) Anwar Saadi dalam sambutan pada upacara penutupan Diklat Terpadu Penangana Perkara Koneksitas, yang berlangsung di Aula Sasana Adhi Karyya Badiklat Kejaksaan RI, Jakarta, Jumat ( 28/10/2022 ).

 


Jampidmil menjelaskan terdapat relasi kelembagaan yang sangat kuat dan erat antara Kejaksaan dan TNI khususnya antara Jaksa dan Oditurat di bidang penegakan hukum.

“ Selanjutnya perlu kita kaji bersama untuk dapat dikembangkan lebih lanjut dengan peningkatan relasi kelembagaan terkait Kepolisian Milter dan Hakim Militer di masa mendatang,” ujarnya.

“ Relasi kelembagaan tersebut perlu terus kita perkuat dan kembangkan dalam rangka menghadapi tantangan perkenbangan hukum kedepan,” imbuhnya.


Dikatakan bahwa kehadiran Jampidmil merupakan suatu kolaborasi penyatuan dua kepentingan subyek hukum yaitu sipil dan militer sebagaimana diatur dalam UUD 1945, UU Kehakiman dan UU tentang Kitab Hukum Acara Pidana dan UU Peradilan Militer.

“ Pembentukan Jampidmil menunjukkan komitmen kuat dua institusi dalam meningkatkan penegakan hukum nasional, khususnya dalam penanganan perkara koneksitas,” bebernya.

Mengakhiri sambutannya Jampidmil menyampaikan ucapan termikasih dan penghargaan yang tinggi kepada panglima TNI dan segenap jajarannya juga kepada jajaran pengadilan dalam lingkungan peradilan militer yang telah berkolaborasi dan bekerjasama dengan jajaran Kejaksaan dalam mewujudkan harapan bersama, sekaligus mendorong peningkatan kinerja dan keberhasilan tugas bersama dalam penanganan perkara koneksitas. ( Muzer )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال