BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4


Dosen FEB Universitas Mercu Buana Gelar pelatihan Persiapan Dunia Kerja di SMK Negeri 9 Jakarta Barat

JAKARTA - Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta melakukan kerjasama dengan SMK Negeri 9 , Jakarta Barat ...



JAKARTA- Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta melakukan kerjasama dengan SMK Negeri 9 , Jakarta Barat dengan menggelar pelatihan kepada siswa/siswi SMK Negeri 9 dengan tema “Praktek Akuntan dan Persiapan Dunia Kerja”. Kegiatan ini merupakan wujud dari Tridarma Perguruan Tinggi, dimana akademisi memberikan kontribusi yang kongkrit dan nyata kepada masyarakat


Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Februari 2024 yang berlokasi di sekolah SMK Negeri 9  dan dihadiri oleh 135 peserta siswa/siswi SMK Negeri 9 yang terbagi menjadi 3 kelas, pada kesempatan tersebut  turut hadir Ibu Puspita selaku perwakilan dari pihak sekolah SMK Negeri 9.


Dalam sambutannya Puspita menyambut baik adanya kegiatan ini dan berharap setelah mengikuti pelatihan tersebut Siswa/Siswi SMK Negeri 9 mendapatkan informasi mengenai praktek dunia akuntan dan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan ketika memasuki dunia kerja.

Puspita juga berharap kedepannya agar pelatihan seperti ini dapat dilakukan secara rutin dengan materi yang berbeda. 


Senada dengan hal tersebut Feber Sormin, SE., M.Ak., Ak., CA., ASEAN CPA selaku perwakilan dari Dosen FEB Universitas Mercu Buana juga menyampaikan bahwa kegiatan ini  menunjukan komitmen Universitas Mercu Buana untuk terus memberikan kontribusi dan berkolaborasi demi mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu pendidikan yang berkualitas.


Pada sesi pelatihan Feber Sormin , SE., M.Ak., Ak., CA., ASEAN CPA menyampaikan materi mengenai pemahaman dunia profesi bidang keuangan, kemudian dilanjutkan oleh Fairas Panca Yudha, SE., M.Ak yang menyampaikan materi mengenai pemanfaatan teknologi informasi untuk persiapan memasuki dunia kerja. 


Selain itu Mulyana Chandra Hadiati, S.Si., M.Ak. dan Orlin Cicilia, SE., M.Ak., Ak. serta Hasian Purba, SE., M.Ak. juga menyampaikan materi mengenai pentingnya etika profesi yang harus dimiliki oleh seseorang ketika nanti memasuki dunia kerja dan secara khusus yang nantinya berkecimpung dalam profesi akuntan.


Di sesi selanjutnya Veronica Setiawan, SE., M.Ak., CHRP., CHRM., CP. dan Giawan Nur Fitriani, SE., M.Ak. serta Rista Bintara, SE., M.Ak.   menyampaikan materi mengenai tips menghadapi wawancara kerja bagi pemula, membuat CV yang menarik, softskill dan hardskill yang harus dimiliki akuntan, serta persiapan menghadapi dunia kerja.


Sebagai penutup Indraguna Kusumabrata Ak., MM, CA, CPSAK, CPA. menyampaikan materi mengenai bagaimana menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan peran profesi akuntan di kalangan Gen-Z.


Diakhir acara dilakukan juga sesi tanya jawab antara pemateri dan peserta , pada kesempatan tersebut tampak para peserta sangat antusias untuk bertanya terkait materi yang disampaikan. 

Dampak dari program ini untuk para siswa/siswi , mereka mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana profesi kerja akuntan dan setelah lulus sekolah dapat membuat CV untuk melamar pekerjaan serta Etika dalam profesional kerja. Sedangkan bagi sekolah kerjasama antara UMB dan SMK Negeri 9 Jakarta dapat berkelanjutan karena mereka sangat menerima manfaat dan informasi serta edukasi yang positif dari kegiatan ini.

(Red/Rls)




    


COMMENTS