BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4


Badiklat Kejaksaan Telah Melaksanakan Berbagai Jenis Diklat Yang Diikuti Sebanyak 2.149 Peserta Sepanjang 2023

  JAKARTA - Sepanjang 2023, Kejaksaan RI telah melaksanakan tugas dan kewenangannya sebagai salah satu Aparat Penegak Hukum dengan beragam...

 



JAKARTA- Sepanjang 2023, Kejaksaan RI telah melaksanakan tugas dan kewenangannya sebagai salah satu Aparat Penegak Hukum dengan beragam kinerja di berbagai bidang, antara lain Bidang Pembinaan, Bidang Intelijen, Bidang Tindak Pidana Umum, Bidang Tindak Pidana Khusus, Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Bidang Pidana Militer, Bidang Pengawasan, serta Badan Pendidikan dan Pelatihan.

Dalam rangka meningkatkan kapastitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kejaksaan RI, Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan RI menyelenggarakan fungsi perencanaan dan perumusan kebijakan di bidang pendidikan dan pelatihan, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan; koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan; pelaksanaan hubungan kerja dengan instansi atau lembaga baik di dalam negeri maupun di luar negeri dalam bidang pendidikan dan pelatihan; pemantauan, analisis, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan di bidang pendidikan dan pelatihan.

Sepanjang tahun 2023, Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI telah melaksanakan diklat dengan jumlah peserta sebanyak 2.149 peserta dengan rincian sebagai berikut:

Diklat Teknis Fungsional sebanyak 2.016 peserta, yang terdiri dari: Diklat Program Prioritas Nasional sebanyak 1.062 peserta yang terdiri dari Diklat Terpadu Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA), Teknis Restorative Justice, Penanganan Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang, Penanganan Tindak Pidana Mafia Tanah, Terpadu Pidana Pemilu, Terpadu Sensibilitas Gender, Terpadu  Penanganan Tindak Pidana Cipta Kerja, dan Terpadu Pemulihan Aset.

Kemudian Diklat PPPJ (Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa) sebanyak 717 peserta yang terbagi menjadi dua gelombang. Diklat Refresher Course KUHP sebanyak 120 peserta.

Selanjutnya Diklat Kerjasama Lembaga Donor sebanyak 112 peserta, Diklat Manajemen dan Kepemimpinan sebanyak 158 peserta, Diklat pada Sekretaris Badan sebanyak 43 peserta, dan terakhir Pendidikan Program Kerjasama Beasiswa PTN sejumlah 58 Mahasiswa S-2 dan 80 Mahasiswa S-3.

Pimpinan Kejaksaan RI memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Adhyaksa dimanapun berada, dan semoga capaian kinerja ini dapat dijadikan introspeksi dan evaluasi di tahun 2023 untuk berkinerja lebih baik dan memberikan bermanfaat kepada masyarakat melalui program Kejaksaan dan penegakan hukum. (Muzer)

 

 

COMMENTS