BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4


Cipta Kondisi Ramadhan dan Idul Fitri, Pemkab Jepara Tingkatkan Sinergitas dengan Ormas, Kajari: Usaha Bersama Untuk Membangun NKRI

  JEPARA - Kepala Kejaksaan Negeri  Ayu Agung, SH. S.Sos. M.H. M.Si (Han) menghadiri sekaligus sebagai pembicara dalam kegiatan Sinergitas a...

 



JEPARA- Kepala Kejaksaan Negeri  Ayu Agung, SH. S.Sos. M.H. M.Si (Han) menghadiri sekaligus sebagai pembicara dalam kegiatan Sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan Pengurus Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kab. Jepara dalam rangka Cipta Kondisi Wilayah Kab. Jepara pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H dimasa pandemi Covid-19, berlangsung di Pendopo Kartini Kab.Jepara, Selasa ( 27/4/2021)


Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Jepara yang diwakili Asisten I Setda Jepara Drs. Dwi Riyanto, MM, sementara hadir sebagai pemateri Kapolres Jepara AKBP. Aris Tri Yunarko, S.I.K. M.Si, Dandim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, SE. M.I.Pol., dan Kajari Jepara Ayu Agung, SH. S.Sos. M.H. M.Si (Han), turut hadir Kepala Bakesbangpol Jepara Lukito Sudi Asmara, SH. M.Si dan sejumlah perwakilan Ormas Kab. Jepara.


Sambutan Bupati Jepara yang disampaikan Asisten I Setda Jepara Drs. Dwi Riyanto, MM menyatakan bahwa Ormas dalam menjalankan organisasi tidak bertentangan dengan UUD 1945 dan dapat meningkatkan partisipasi dengan melibatkan pemberdayaan dan pelayanan kepada masyarakat dengan gotong royong.

Menurutnya saat ini di Kab. Jepara terdapat 136 Ormas yang bergerak diberbagai bidang untuk itu diharapkan dapat berperan serta dalam mengurai segala permasalahan yang ada.


Bupati Jepara menyebutkan Pemkab daerah dan Ormas bisa saling bahu membahu mengatasi permasalahan yang ada dan untuk menciptakan kondusifitas di tengah masyarakat serta berperan aktif untuk menjaga kebhenikaan dan keutuhan NKRI.

"Saya berharap ormas Kab. Jepara kembali berkiprah untuk saling bersinergi untuk mengatasi permasalahan yang ada dan mendukung semua program pembangunan khususnya di wilayah Kab. Jepara," kata Dwi Riyanto mewakili Bupati.



Sementara Kajari Jepara Ayu Agung, SH. S.Sos. M.H. M.Si (Han). dalam paparannya menyampaikan tentang Sinergitas Pemda dengan Ormas terkait dengan kondusifitas wilayah Kab. Jepara.

"Sinergi adalah usaha bersama-sama untuk membangun NKRI pada umumnya dan wilayah Kab. Jepara khususnya," ujar Ayu.


Menurut Ayu, Ormas itu banyak sekali dan bisa memberikan input yang ditransferkan kepada Pemda untuk memberikan masukan terkait dengan permasalahan yang ada sehingga nantinya bisa membuat kebijakan.

Dengan adanya pandemi Covid 19 sangat berimbas dalam segala bidang salah satunya dalam bidang pendidikan dimana anak-anak didik melaksanakan pembelajaran di rumah.

"Saya sangat prihatin dalam masa pandemi Covid 19 ini masih banyak anak-anak yang menjadi pelaku maupun korban tindak pidana," urainya.


Oleh sebab itu Ayu berharap agar Ormas bisa memberikan motivasi kepada generasi muda untuk memegang tongkat estafet guna meneruskan pembangunan.

"Agar kita turut memberikan edukasi kepada lingkungan kita untuk meningkatkan peran keluarga sebagai antisipasi generasi muda tidak terjerumus dalam permasalahan hukum,"


Untuk meningkatkan kemajuan daerah adalah merupakan peran dari pada semua pihak.

"Kita punya tanggung jawab dengan porsi masing-masing untuk memberikan pendidikan pada generasi muda emas untuk memperkokoh NKRI,"   bebernya.


Kemudian selanjutnya materi diisi oleh narasumber, Kapolres Jepara AKBP. Aris Tri Yunarko, S.I.K. M.Si. dan Dandim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, SE. M.I.Pol


Sebelumnya dalam laporan Kepala Bakesbangpol Jepara Lukito Sudi Asmara, SH. M.Si.menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan sebagai sarana untuk meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Daerah Kab. Jepara dengan Organisasi Kemasyarakatan dalam rangka cipta kondisi daerah pada bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 yang masih di tengah Pandemi Covid–19.


Meningkatkan jalinan sinergitas antara unsur Pemerintahan Kab. Jepara dengan Organisasi Kemasyarakatan yang selama ini telah berjalan dengan baik dan meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat khususnya komponen Organisasi Masyarakat dalam mengkikis isu faham Radikalisme, Intoleransi, Sara, Hoax dan pencegahan penyebaran Pandemi wabah Covid-19. ( Muzer / Rls )


COMMENTS