BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4


DKI Raih Penghargaan Best Booth Event Award pada Event Seoul International Travel Fair 2024

     JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan penghargaan best booth event award yang diberikan langsung oleh Chairman dan CED ...

  



 

JAKARTA- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan penghargaan best booth event award yang diberikan langsung oleh Chairman dan CED Korean Travel Fair (KOTFA) atau yang sekarang dikenal dengan Seoul International Fair (SITF) 2024 pada saat closing ceremony dan diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Minggu, 12 Mei 2024 di CO Ex Exhibition Center, Seoul, Korea Selatan.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Helma Dahlia mengatakan bahwa keikutsertaan Pemprov DKI dalam event SITF 2024 merupakan bagian dari salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan internasional ke Jakarta sekaligus sebagai bentuk partisipasi Pemprov DKI Jakarta dalam pemenuhan target capaian program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yakni, peningkatan kunjungan wisatawan asal Korea Selatan, penguatan kebangkitan ekonomi tanah air dan penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia berpartisipasi pada SITF 2024 dalam rangka memenuhi target capaian wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2024 sejumlah 9,5-14,3 juta kunjungan,” tutur Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Helma Dahlia, yang hadir langsung pada event tersebut (Minggu/12/05/2024).

Senada dengan hal di atas, Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi, Sherly Yuliana mengatakan bahwa keikutsertaan SITF tahun 2024 juga bertujuan untuk memasarkan destinasi leisure Jakarta, memperluas hubungan baik dengan pasar global antara pelaku usaha pariwisata Jakarta dengan dunia Internasional, serta agar Jakarta menjadi salah satu destinasi wisata utama di Republik Korea Selatan.

Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jakarta periode Januari-November 2023, totalnya mencapai 1.784.359 kunjungan, naik 119,41 persen dibandingkan periode yang sama di 2022. Ini mencerminkan pemulihan sektor pariwisata setelah masa pandemi dan menciptakan peluang bagi pengembangan leisure sebagai daya tarik bagi wisatawan internasional, dengan menyajikan tempat ikonik, juga kebudayaan yang berjalan selaras dengan kehidupan modern. Berdasarkan data terakhir Jumlah Wisatawan Mancanegara yang berkunjung ke Jakarta menurut kebangsaan (kunjungan) 2018-2020, Korea Selata menduduki urutan ke- 4 (empat) dengan jumlah populasi yang berkunjung ke Jakarta sejumlah 24.932 wisman Korea Selatan.

Oleh karena itu pada tahun 2023, Indonesia melalui  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia membuka penerbangan langsung antara Hanoi dan Jakarta. Ho Chi Minh City dan Jakarta. Dan Ho Chi Minh City - Bali. Itu untuk menangkap (salah satunya) wisatawan dari Korea ke Indonesia melalui Vietnam.

Para pelaku usaha pariwisata Jakarta yang berpartisipasi dalam SITF 2024 sebanyak 5 (lima) Co- Exhibitor yang sudah melalui proses kurasi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Asosiasi Jakarta Hotel Association (JHA) dan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO).

Kelima co exhibitor tersebut yakni PT Savir Mitra Wisata, 3T Tours Indonesia (PT Sinar Fiesta Indonesia), Xpose Leisure Jakarta, The St Regis Hotel dan Sido Abadi Travelindo.

Co-exhibitor siap dengan paket-paket wisata yang akan ditawarkan, yang sesuai dengan pasar Korea Selatan, yakni wisata leisure dengan prioritas paket wisata pulau seribu dan destinasi baru, Pantai Indah Kapuk serta sport tourism khususnya golf, tutup Lucky Wulandari, Ketua Sub Kelompok Pemasaran Pariwisata Luar Negeri. (Muzer/Rls/Red)

COMMENTS