BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4


PERSAJA Sebagai Motor Penggerak Memajukan Profesi Jaksa dan Mendukung Kemajuan Institusi Kejaksaan

        Wakil Jaksa Agung, Dr. Sunarta JAKARTA - Wakil Jaksa Agung Dr. Sunarta mewakili Jaksa Agung ST Burhanuddin menutup secara re...

 

 


 

 

Wakil Jaksa Agung, Dr. Sunarta

JAKARTA
- Wakil Jaksa Agung Dr. Sunarta mewakili Jaksa Agung ST Burhanuddin menutup secara resmi Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Jaksa Indonesia (PERSAJA) Tahun 2023.

Wakil Jaksa Agung menyampaikan pelaksanaan Munas PERSAJA Tahun 2023 ini jangan sebagai suatu penyelenggaraan seremonial belaka, akan tetapi benar-benar mampu diterapkan lebih baik lagi di tempat para peserta selaku anggota PERSAJA mengabdi untuk bangsa ini.

Sebagaimana yang telah disampaikan pada pembukaan, PERSAJA bukanlah suatu organisasi profesi belaka, namun harus menjadi organisasi terdepan yang memiliki fungsi strategis dalam penegakan hukum. Organisasi yang mampu mengambil bagian penting sebagai garda pendukung kepentingan anggota dan institusi Kejaksaan” kata Sunarta dalam sambutannya pada upacara penutupan Persaja secara virtual dari Kejaksaan Agung, Rabu ( 17/5/2023 ).


Wakil Jaksa Agung mengatakan PERSAJA harus mampu mengisi ruang-ruang kosong yang tidak dapat dijangkau oleh institusi Kejaksaan secara kedinasan dalam memperjuangkan profesi Jaksa dengan segala lingkup. Maka dari itu, PERSAJA harus mampu berperan aktif sebagai motor penggerak dalam memajukan profesi Jaksa yang pada akhirnya akan ikut mendukung kemajuan institusi Kejaksaan yang kita cintai.

Selanjutnya, Wakil Jaksa Agung mengatakan dalam Munas PERSAJA Tahun 2023 ini juga telah dibahas terkait pengesahan perubahan AD/ART PERSAJA berdasarkan hasil Munas Luar Biasa PERSAJA. PERSAJA menjadi satu-satunya wadah organisasi profesi Jaksa yang berbadan hukum dengan berlandaskan kelimuan dalam memperjuangkan keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum, serta terlibat aktif dalam aspek kemasyarakatan.

“Selain itu dalam pelaksanaan tugas, PERSAJA wajib memahami dan melaksanakan kode etik Jaksa dan kode etik perilaku Jaksa sebagai suatu tata krama yang harus ditaati oleh seluruh Jaksa sebagai anggota PERSAJA, sehingga dalam penerapan tugas, para anggota PERSAJA akan selalu menjadi cerminan yang baik di mata masyarakat selaku penilai langsung dari proses penegakan hukum di Negara ini”.

Wakil Jaksa Agung menyampaikan Jaksa Agung mengingatkan terkait kegiatan PERSAJA dalam hal mencapai tujuan organisasi tersebut, di antaranya melakukan sosialisasi maupun internalisasi, melaksanakan kegiatan yang berorientasi pada konsolidasi dan kolaboratif anggota, menerima dan menyalurkan aspirasi anggota dalam pengembangan institusi serta organisasi, mendorong anggota dalam pengembangan jenjang karier berdasarkan kemampuan profesional dan akuntabel, memberikan bantuan hukum yang dihadapi anggota, menjalin hubungan kerja sama dengan organisasi profesi hukum lain, serta menyelenggarakan kegiatan/usaha yang sah.

“Maka dari itu, beranjak dari kegiatan yang dapat dilakukan, para anggota PERSAJA di manapun berada senantiasa mampu menjalankan kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh demi terwujudnya tujuan serta cita-cita bersama dari organisasi profesi yang kita cintai ini.” Ucapnya.

Wakil Jaksa Agung mengatakan Jaksa Agung berharap PERSAJA terus konsisten untuk kembali mengukir prestasi dan kejayaan yang telah diraih.

“ Kita buktikan kepada negeri, bahwa insan Adhyaksa telah mencerminkan pribadi yang lebih baik, lebih amanah, lebih tangguh, dan lebih mumpuni. Jaksa Agung juga menaruh harapan besar kepada segenap anggota untuk selalu meneguhkan komitmen dalam mengamalkan Tri Krama Adhyaksa, dan menjaga marwah institusi Kejaksaan dalam mengemban tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing,” tutupnya. ( Muzer )

COMMENTS