BREAKING NEWS$type=ticker$cols=4

Tingkatkan Kompetensi Seorang Pemimpin, Badiklat Kejaksaan Kembali Gelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator Bagi Pejabat Eselon III

    Kabadiklat Kejaksaan RI, Tony Spontana ( kiri ) saat menyematkan tanda peserta Diklat pada upacara pembukaan Diklat Kepemimpinan Adm...

 


 

Kabadiklat Kejaksaan RI, Tony Spontana ( kiri ) saat menyematkan tanda peserta Diklat pada upacara pembukaan Diklat Kepemimpinan Administrator angkatan I bagi pejabat eslon III, Selasa ( 1/3/2022 ) di Aula Adhyaksa Loka, Kampus B, Ceger- Jakarta Timur.

JAKARTA
- Perkembangan dunia telah sampai di zaman globalisasi yang diiringi perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih dan menghapuskan batas dan sekat antar negara dan antar budaya.

“ Hal ini menjadi tantangan bagi kita semua. Kita harus menyiapkan strategi bagaimana menghadapi globalisasi tersebut,” ujar Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI, Tony Spontana saat memberikan sambutannya pada upacara pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I bagi pejabat eselon III, di Kampus B Pusat Diklat Manajemen dan Kepemimpinan Ceger, Jakarta- Selasa ( 1/3/2022 ).

Globalisasi berperanan penting bagi kelangsungan hidup bangsa indonesia karena mampu membantu masyarakat dalam upaya mencapai kesejahteraan hidup, pada sisi lain globalisasi juga penuh tantangan dan kompetisi yang menuntut sumber daya manusia berkualitas dan mempunyai daya saing tinggi. 

“ Aparatur Sipil Negara sebagai bagian dari Sumber Daya Manusia Indonesia harus mampu meningkatkan kualitas kompetensinya dan memiliki daya saing sehingga mampu melaksanakan tugas jabatannya secara efektif dan efisien untuk dapat mendorong peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” kata Tony.


Tony menyatakan guna menjawab semua tantangan di atas perlu dilaksanakan pembinaan aparatur sipil negara melalui jalur pelatihan.

Disebutkan dasar pertimbangan sebuah lembaga dalam melaksanakan pelatihan untuk para pegawainyanya adalah untuk pembinaan, peningkatan kapabilitas, profesionalisme, etika, integritas dan pengembangan karir pegawai ASN termasuk untuk kepentingan promosi.

“ Aparatur kejaksaan selaku salah satu unsur aparatur sipil negara mempunyai peranan penting dan strategis, dalam menyelesaikan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan khususnya dalam penegakan hukum,”

Oleh karena itu kata Tony, dalam rangka menyelenggarakan tugas-tugas tersebut, aparatur kejaksaan perlu dibina, salah satunya melalui jalur pelatihan.

Merujuk Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara mengatur tentang pengembangan kompetensi pegawai melalui pendidikan dan pelatihan. Pasal 70 uu no. 5 tahun 2014 menyebutkan bahwa setiap Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki hak dan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi.

Pengembangan karier aparatur sipil negara harus memenuhi tiga kompetensi :

1.            Kompetensi teknis; yang diukur dari tingkat dan spesialisasi pendidikan, pelatihan teknis fungsional dan pengalaman bekerja secara teknis.

2.            Kompetensi manajerial; yang diukur dari tingkat pendidikan, pelatihan struktural, manajemen dan kepemimpinan, dan pengalaman kepemimpinan.

3.            Kompetensi sosial kultural; yang diukur dari pengalaman kerja berkaitan dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, dan budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan.

Menurut Tony, Pelatihan  Kepemimpinan Administrator Eselon III bagi peserta guna memberikan peningkatan kompetensi manajerial melalui kurikulum yang materi pembelajarannya dirancang untuk meningkatkan kemampuan leadership birokrasi di sektor publik, cara pembelajarannya berbasis pada pengalaman dan pembelajarannya bersifat on-off kampus, serta melibatkan atasan langsung peserta yang bertindak sebagai mentor.


“ Mentor dalam pelatihan kepemimpinan administrator sangat berperan memberikan dukungan, memberikan persetujuan,  memberikan arahan,  membimbing dalam mengatasi kendala, membantu peserta dalam memetakan agenda aksi perubahan, menjelaskan kontrak penyelesaian, memantau perkembangan proyek perubahan, memantau capaian, memberi dukungan dan  memberi inspirasi bagi peserta diklat dalam melakukan inovasi,” bebernya.

Karena posisi mentor sangat menentukan keberhasilan peserta dalam menyelesaikan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Di Badan Diklat Kejaksaan RI.

Adapun tujuan penyelenggaraan Pelatihan  Kepemimpinan Administrator adalah untuk meningkatkan kompetensi seorang pemimpin yang efektif dalam pengetahuan dan kemampuan serta sikap dan perilaku yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sebagai pemangku jabatan struktural eselon III.

Selain itu pejabat administrator juga memiliki kompetensi kepemimpinan taktikal yang akan berperan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

Kompetensi kepemimpinan taktikal adalah kemampuan menjabarkan visi dan misi instansi ke dalam program instansi dan memimpin keberhasilan pelaksanaan program tersebut, yang diindikasikan dengan kemampuan :

1.            Mengembangkan karakter dan sikap perilaku integritas sesuai  dengan peraturan perundang-undangan dan kemampuan untuk menjunjung tinggi etika publik, taat pada nilai-nilai, norma, moralitas dan bertanggung jawab dalam memimpin unit instansinya;

2.            Menjabarkan visi dan misi instansinya ke dalam program-program instansi;

3.            Melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola program-program instansi ke arah efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program;

4.            Melakukan inovasi sesuai bidang tugasnya guna mewujudkan program-program instansi yang lebih efektif dan efisien;

5.            Mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal organisasi dalam implementasi program unit instansinya.

Dikatakan Pembekalan untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan tersebut akan diberikan melalui kuliah-kuliah, diskusi-diskusi, pelatihan, simulasi, seminar serta ceramah dari para widyaiswara, tenaga pengajar / fasilitator, pimpinan kejaksaan dan narasumber lainnya. Kesemuanya itu akan diperlukan dalam menghadapi tantangan dan permasalahan, serta tuntutan dan aspirasi masyarakat yang semakin kompleks.

Dengan pelatihan ini juga diharapkan para pejabat administrator eselon III dapat kembali menyadari fungsinya sebagai aparatur sipil negara yaitu : sebagai pelaksana kebijakan publik, sebagai pelayan publik, serta sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Untuk dapat melaksanakan fungsi tersebut dengan baik seorang aparatur sipil negara juga harus dapat mengubah pola pikirnya dari penguasa menjadi pelayan, dari wewenang menjadi peranan dan menyadari bahwa jabatan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan.

“ Saya yakin dan percaya bahwa saudara saudara akan mampu mengikuti seluruh program pelatihan ini dengan baik, memegang teguh integritas,  disiplin dan ketulusan hati selaku insan adhyaksa, yang diharapkan pada suatu saat akan mampu mengambil alih tongkat estafet kepemimpinan secara baik,” pungkas Tony sembari menyemangati para peserta Diklat.

Kegiatan pembukaan hingga proses pembelajaran PKA bagi pejabat eselon III dilaksanakan dengan ketat mengikuti tata aturan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid-19. ( Muzer )

 

 

COMMENTS

Name

Adhyaksa Shooting Club,1,Alumni,40,Alumni TAK-2022,4,Antisipasi Meluasnya PMK,1,ASN,1,Badiklat,328,Badiklat Kejaksaan,5,Badiklat Kejaksaan MoU,1,Banten,2,Berantas Praktek mafia Pungli PTSL,1,Berantas Praktik Mafia,1,Berhasil selamatkan aset negara,1,Berikan Pelayanan Hukum Grtais,1,Berikan Penyuluhan Hukum di SMAN-40,1,Berikan Penyuluhan Hukum di SMAN-41,1,BPJS,1,Cabjari,1,Daerah,5,dan Lakukan Penahanan,1,DPD dan PPWI,14,DPR,2,DPR- Kejagung,1,Evi Tamala Hibur Warga Desa Rejosari,1,Gelar Apel Perdana setelah pemerintah mengumumkan pelonggaran penggunaan masker,1,Gelar Apel Senin Pagi,1,Gelar Bakti Sosial,1,Gelar Futsal Persahabatan dengan Forwaka,1,Gelar halal Bihalal,1,Gelar Penerangan Hukum,1,Gelar Rakor Pakem,1,Gelar Upacara Peringatan hari Kebangkitan,1,Geledah Kantor Notaris terkait mafia tanah,1,Gempa,2,Golongan II Gelombang I,1,Hukum dan Kriminal,2,IAD Kejari Daerah Gelar Bakti Sosial,1,imbau pegawainya masuk kerja tertib,1,imbauan arus balik lebaran,1,Inspektur Jendral Kementerian Pertanian,3,Intelijen,6,Intelijen Kejagung,2,Irjen Kementerian Pertanian,2,Jaga Pangan jaga masa depan,1,Jakarta,1,Jaksa Agung Burhanuddin Shalat Idul Fitri di Lapangan Kejaksaan Agung,1,Jaksa Agung Resmikan Halo JPN,1,Jaksa Agung Tutup Musrenbang Tahun 2022,1,Jambin berikan sambutan Musrenbang Kejaksaan RI tahun 2022,1,Jampidmil,2,Jampidmil Kejagung,2,Jateng,1,Jawa Tengah,1,JPN Datun Mendapat Apresiasi,1,Kabadiklat Pimpin Apel Perdana,1,Kabadiklat Tony Berikan Sosialisasi Tentang Pembangunan ZI-WBK dan WBBM,1,Kabadiklat Tony Spontana Hadiri Musrenbang Kejaksaan RI tahun 2022,1,Kabag Hukum dan HAM Pemkot Bogor,2,Kajagung,1,Kajari Pulang Pisau Menyapa Masyarakat Melalui Radio RRI Palangkaraya,1,Kajari Pulpis Pimpin Acara Pelantikan dan Sertijab,1,KASN,5,KASN Memediasi ASN Bermasalah,1,Kejagung,724,Kejagung Koruptor,1,Kejagung Penanganan Tipikor,3,Kejagung Restorative Justice,2,Kejagung tangkap DPO,2,Kejagung Teliti Berkas Indra Kenz,1,Kejagung Terima SPDP dari Bareskrim Polri,1,Kejar,1,Kejari,636,Kejari Daerah,30,Kejari Daerah Laksanakan Restoratif Justice,2,Kejari Daerah Tangkap Terpidana Korupsi,2,Kejari Depok,2,Kejari Gunung Mas Buka Aduan Online atasi masalah hukum,1,Kejari Jakarta Utara,12,Kejari Jepara,1,Kejari Mojokerto,1,Kejari MoU,2,Kejari Penerangan Hukum,1,Kejari Pulang Pisau Gelar Bimtek Penggunaan Simalsintan,1,Kejari Raih Penghargaan dan Apresiasi,1,Kejari Raih Predikat WBK dan WBBM,1,Kejari Restorative Justice,3,Kejari Vaksinasi,1,Kejat,1,Kejati,322,Kejati DKI,12,Kejati DKI Jakarta,6,Kejati DKI Jakarta Pindahan Sementara,1,Kejati Kalimantan,1,Kejati Kalimantan Tengah,4,Kejati Restoratif Justice,1,Kejati Sumatra,1,Klarifikasi Acara Halal Bi Halal,1,Komunisme,1,Korupsi,3,Korupsi Ekspor CPO,1,Kudus,1,Kunjungan Kerja di Sulawesi Utara,1,Kunjungan Ketua Parfi Anwar Fuady,1,kunjungan sidak pasar tradisional,1,Kunker Jaksa Agung,1,Lawyer Terbaik 2019,1,Mamuju,1,Masyarakat Dukung Kejagung Kerjar Aset para Koruptor Minyak Goreng,1,Minyak Goreng,1,MPR,1,Nasional,3,NTT,3,Opini,7,Pasca Pelonggaran Masker,1,Pembinaan,121,Pembubaran PT,1,Pembukaan PPPJ Angkatan 79 Gelombang I tahun 2022,1,Penangan Restoratife Justice,1,Penanganan kasus ayah perkosa anak kandungya sendiri,1,Penanganan Kasus Pencabulan,1,Penanganan Perkara Mafia Tanah,1,Penanganan Tipikor,4,Penerangan Hukum,1,penetapan tersangka Korupsi,3,Pengadilan Negeri Jakarta,3,Pengadilan Negeri Soe,1,Pengamat,2,Penggeledahan Terkait Kasus Mafia Tanah,2,Penghargaan bergengsi,1,Penyerahan tahap II Dugaan Pelanggaran HAM Berat Jampidsus,1,Penyidik Koneksitas Jampidmil,1,Penyidik Pidsus Periksa Saksi Dugaan Korupsi Minyak Goreng,1,Perayaan Paskah Nasional 2022,2,Peserta Diklat TAK Golongan II Mengikuti PBB,1,pidsus,6,PP-KBPA,2,Printahkan jajarannya untuk Eksekusi Perkara Lama,1,Program BPJS Ketenagakerjaan,1,Pulang Pisau Launching Aplikasi Simalsiltan,1,Raih Peringkat Terbaik Pelaporan Kinerja dan Anggaran,1,Restoratif Justice,1,Restorative Justice,1,Serang,2,Setelah Libur Cuti Lebaran.,1,Sulawesi,2,Sulbar,1,Terima Penghargaan,1,Tim Tabur Berhasil Tangkap Buronan,3,Tim Tabur Tangkap terpidana korupsi,1,Tipikor,1,Webinar,1,
ltr
item
Adhyaksa Foto Indonesia: Tingkatkan Kompetensi Seorang Pemimpin, Badiklat Kejaksaan Kembali Gelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator Bagi Pejabat Eselon III
Tingkatkan Kompetensi Seorang Pemimpin, Badiklat Kejaksaan Kembali Gelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator Bagi Pejabat Eselon III
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEijnTx1vc3iCPGuXAJqcUxrW-Ymkgh11mU1Yt6Fblv54gd9s91c_qiQE6PE7p6p7L1jOGJ0theUp2Q82TBQP9Xr8rv17kdV8e-LEh1w3eOZvbOz9aFt0_TuoAQp2m5xJHFsC8zSxNMHAeswXjRvKmYy5AnlulQqKr0cyUWMpq93KIA4vqI2HIirVE4kbQ=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEijnTx1vc3iCPGuXAJqcUxrW-Ymkgh11mU1Yt6Fblv54gd9s91c_qiQE6PE7p6p7L1jOGJ0theUp2Q82TBQP9Xr8rv17kdV8e-LEh1w3eOZvbOz9aFt0_TuoAQp2m5xJHFsC8zSxNMHAeswXjRvKmYy5AnlulQqKr0cyUWMpq93KIA4vqI2HIirVE4kbQ=s72-c
Adhyaksa Foto Indonesia
https://www.adhyaksafoto.com/2022/03/tingkatkan-kompetensi-seorang-pemimpin.html
https://www.adhyaksafoto.com/
https://www.adhyaksafoto.com/
https://www.adhyaksafoto.com/2022/03/tingkatkan-kompetensi-seorang-pemimpin.html
true
2664356013026497916
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy