Dinyatakan Sembuh dari Covid-19,Kajari Jember Berbagi Pengalaman

JAKARTA -Kepala Kejaksaan Negeri ( Kajari ) Jember Dr.Prima Idwan Mariza dinyatakan sembuh dan Pulih dari Covid 19. Prima akan kembali be...





JAKARTA-Kepala Kejaksaan Negeri ( Kajari ) Jember Dr.Prima Idwan Mariza dinyatakan sembuh dan Pulih dari Covid 19.

Prima akan kembali bekerja sebagai Kepala Kejari di Jember Jawa Timur, pada Senin (5/10/2020).


Prima bersedia berbagi pengalaman selama menjalani perawatan isolasi mandiri melawan Covid hingga dinyatakan bebas dari COVID-19.Dan tips belajar melawan ganasnya virus Covid 19.

Begini cara Kajari Jember berbagi pengalaman melawan Covid 19.

Prima menceritakan awal  dinyatakan positif Covid 19 ketika melakukan rapid tes pada hari Selasa tanggal 15 September 2020 dengan hasil reaktif, tes ini menandakan bila seseorang terinfeksi virus, maka secara alami tubuh akan membentuk anti bodi,  namun petugas dari Labkesda Kabupaten Jember belum begitu yakin dengan hasil tersebut, karena hasilnya masih terlihat samar.

Lalu esoknya pada hari rabu tanggal 16 September 2020 Prima tetap masuk kerja seperti hari hari biasa.

" Pada Rabu tanggal 16 September pagi saya tetap melakukan aktifitas di Kantor seperti biasa, kemudian dilakukan pengambilan sampel darah kembali. Pada siang harinya petugas baru yakin dan saya tetap dinyatakan reaktif," tutur Prima.

"Untuk itu langsung saya memutuskan melakukan isolasi mandiri di rumah jabatan, hal ini sepengetahuan Ketua Satgas Covid Kabupaten Jember," sambungnya.

Selanjutnya melakukan tes swab, menunjuk Pelaksana Harian Kajari, meminta seluruh pegawai untuk dilakukan rapid tes juga, yang reaktif langsung diminta Swab.

" Dari seluruh pegawai sebanyak 66 orang, 9 orang dinyatakan reaktif," ujarnya.

"Dari 9 orang tersebut, 5 orang positif Covid 19 termasuk saya. Dengan adanya hasil ini, orang yang positif Covid melakukan isolasi mandiri," bebernya.

Kemudian Kantor Kejaksaan Negeri Jember tutup selama tiga hari mulai Jumat untuk dilakukan penyeprotan disinfektan pada seluruh ruangan kantor, membuat laporan kepada Pimpinan dengan petunjuk para pegawai melakukan aktifitas secara work from home (WFH), bekerja di rumah selama 14 hari, cukup sekitar 30 % saja yang di kantor, para pejabat struktural dan pegawai yang melakukan pekerjaan yang bersifat pelayanan kepada masyarakat.

"Setelah dinyatakan Positif Covid 19 tanpa gejala dengan tidak merasakan demam, tidak muncul batuk dan sesak nafas dan tanda-tanda umum lainnya apabila terinfeksi Covid 19, saya dikategorikan sebagai pasien Covid 19 asimtomatik atau biasa disebut orang tanpa gejala (OTG),"ucap dia.

Menurutnya hal ini cukup membuat perasaan tidak nyaman," ini tidak terlepas dari munculnya stigma negatif bila terinfeksi Covid 19,  terutama dari orang yang mempunyai pemahaman kurang terhadap penyakit ini," bebernya.

Perasaan tidak nyaman tersebut dia lawan dengan mempelajari secara lebih serius tentang Covid 19.

"Dari beberapa referensi yang saya dapatkan dari berbagai sumber, ada 3 faktor yang berperan terjadinya penyakit Covid 19 ini,yaitu Host/pejamu/inang/manusia itu sendiri,lalu Agent/kuman dan yang ketiga Environment/Lingkungan," ungkapnya.

"Proses terjadinya penularan Covid 19 dipengaruhi oleh ketiga faktor diatas, yang saling berkait satu sama lain," tutur dia.

Prima menyebutkan bila virusnya banyak dan ganas dapat menimbulkan gejala-gejala penyakit sebagaimana tersebut diatas seperti muncul batuk dan sesak nafas dan tanda-tanda umum lainnya apabila terinfeksi Covid 19, "faktor manusia dipengaruhi oleh imunitas tubuh seseorang serta faktor lingkungan, bagaimana menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat," ucapnya.

Oleh karena itu Kajari Jember melakukan langkah selanjutnya yaitu mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan rajin beribadah, solat, membaca ayat suci Al Quran, dan surah yang paling manjur ketika menghadapi cobaan hidup yang cukup berat adalah Q.S Asy-Syarh (kelapangan) ayat 5, 6 dan 7; Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan) tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain).

Hal yang tidak kalah penting kata Prima adalah perhatian dan atensi yang tiada henti dari orang-orang yang peduli, terutama keluarga terdekat, teman-teman dan kerabat dalam bentuk menelpon.

"Mereka menanyakan kabar melalui sarana komunikasi yang ada, mengirimkan obat-obatan dalam bentuk herbal disamping obat yang ada, mengirimkan makanan dan buah-buahan yang sangat diperlukan agar badan menjadi bugar sehingga menimbulkan imun tubuh yang kuat melawan virus Covid 19,"

Olah raga yang teratur sangatlah penting, bekerja mandiri di rumah, agar lingkungan tetap bersih, melakukan berbagai aktifitas positif seperti membaca buku, menonton film dan musik kesukaan sehingga menimbulkan rasa senang, karena faktor utama untuk sembuh adalah motivasi dari dalam diri sendiri yakin semua berlalu, yakin akan sembuh.

"Alhamdullilah hasil tes usap atau swab terakhir saya dinyatakan negatif, semua tidak terlepas dari kehendak Yang Maha Kuasa, dukungan keluarga dan teman-teman, dan semangat dalam diri untuk sembuh yaitu menghindari stres," bebernya.

Untuk itu Kajari Jember menghimbau kepada masyarakat yang perlu di perhatikan adalah protokol kesehatan.

"Beberapa hal untuk menjadi perhatian adalah menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, serta menjaga jarak, melakukan pengecekan suhu, kenali dan pahami penyakit Covid 19 secara benar, dekatkan diri kepada Sang Pencipta dan fokus serta semangat untuk sembuh dari Covid 19," pungkas Kajari Jember Prima Idwan mengakhiri cerita dan berbagi ilmu melawan COVID-19.( Muzer )

COMMENTS

Name

Adhyaksa Shooting Club,1,Alumni,37,ASN,1,Badiklat,252,Hukum dan Kriminal,1,Intelijen,6,KASN,3,Kejagung,283,Kejari,195,Kejati,137,Komunisme,1,Korupsi,1,Lawyer Terbaik 2019,1,NTT,3,Opini,2,Pembinaan,69,Pengadilan Negeri Jakarta,3,Pengadilan Negeri Soe,1,Pengamat,2,pidsus,5,
ltr
item
Adhyaksa Foto Indonesia: Dinyatakan Sembuh dari Covid-19,Kajari Jember Berbagi Pengalaman
Dinyatakan Sembuh dari Covid-19,Kajari Jember Berbagi Pengalaman
https://1.bp.blogspot.com/-EK5gqVPkNa8/X3l_R3G4EFI/AAAAAAAAiSA/1HLS2Ba2lMUklG4EXucl51qZN2DtXHtZQCLcBGAsYHQ/s320/FB_IMG_1601797903524.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-EK5gqVPkNa8/X3l_R3G4EFI/AAAAAAAAiSA/1HLS2Ba2lMUklG4EXucl51qZN2DtXHtZQCLcBGAsYHQ/s72-c/FB_IMG_1601797903524.jpg
Adhyaksa Foto Indonesia
https://www.adhyaksafoto.com/2020/10/dinyatakan-sembuh-dari-covid-19kajari.html
https://www.adhyaksafoto.com/
https://www.adhyaksafoto.com/
https://www.adhyaksafoto.com/2020/10/dinyatakan-sembuh-dari-covid-19kajari.html
true
2664356013026497916
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy