Tim Jaksa Penyidik Jampidsus Tetapkan Status Dua Kali Tersangka BTS dan HH Dalam TPPU dan Tipikor Dana Investasi Asabri

  Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak ( foto/Muzer ) JAKARTA - Kejaksaan Agung kembali menetapkan BTS dan HH sebagai  tersang...

 



Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak ( foto/Muzer )


JAKARTA- Kejaksaan Agung kembali menetapkan BTS dan HH sebagai  tersangka Tindak Pidana Pencuian Uang ( TPPU ) setelah sebelumnya telah menyandang Tersangka dalam kasus Tindak Pidana Korupsi ( Tipikor ) Pengelolaan dana investasi PT.Asabri.


Kapuspenkum Kejagung Leonard Simanjuntak mengatakan berdasarkan hasil ekspose dengan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus ( Jampidsus ), Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung kembali menetapkan Tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dari predicate crime perkaranya yaitu Perkara Tindak Pidana Korupsi Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi di PT. Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI) yang diduga menyebabkan kerugian keuangan negara kurang lebih Rp 23 triliun.


"Pihak-pihak yang ditetapan sebagai Tersangka dalam Perkara TPPU kali ini adalah BTS dan HH yang sebelumnya juga sudah ditetapkan sebagai Tersangka dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi di PT.ASABRI (Persero),"ujar Kapuspenkum Kejagung Leonard Simanjuntak dalam siaran persnya,Sabtu ( 6/3/2021)


Leonard Simanjuntak mengungkapkan kasus berawal sejak dalam kurun waktu tahun 2012 sampai dengan tahun 2019.


PT. ASABRI (Persero) telah melakukan penempatan investasi dalam bentuk pembelian saham maupun produk Reksa Dana kepada pihak-pihak tertentu melalui sejumlah nominee yang terafiliasi dengan BTS dan HH tanpa disertai dengan analisis fundamental dan analisis teknikal serta hanya dibuat secara formalitas saja. 


Sedangkan Direktur Utama, Direktur Investasi dan Keuangan, Kepala Divisi Investasi sebagai pejabat yang bertanggung jawab di PT. ASABRI (Persero) justru melakukan Kerjasama dengan BTS dan HH dalam pengelolaan dan penempatan investasi PT. ASABRI (Persero).


Kerjasama dalam bentuk saham dan produk Reksa Dana yang tidak disertai dengan analisis fundamental dan analisis teknikal sehingga investasi tersebut melanggar ketentuan Standar Opersional Prosedur (SOP) dan Pedoman Penempatan Investasi yang berlaku pada PT. ASABRI (Persero).


Maka atas dasar hal tersebut, terdapat perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Direktur Utama, Direktur Investasi dan Keuangan, Kepala Divisi Investasi yang menyetujui penempatan investasi PT. ASABRI (Persero) tanpa melalui analisis fundamental dan analisis teknikal, dan hanya berdasarkan analisa penempatan Reksa Dana yang dibuat secara formalitas saja.


Bersama-sama dengan BTS selaku Direktur PT. Hanson Internasional, HH selaku Direktur PT. Trada Alam Minera dan Direktur PT. Maxima Integra, LP selaku Direktur PT. Eureka Prima Jakarta Tbk, SJS selaku Konsultan, ES selaku nominee, RL selaku Komisaris Utama PT. Fundamental Resourches dan Beneficiary Owner dan B selaku nominee BTS saham SUGI melalui nominee ES yang mengakibatkan adanya penyimpangan dalam investasi saham dan Reksa Dana PT. ASABRI dan mengakibatkan kerugian sebesar Rp 23.739.936.916.742,58.


Oleh karena itu BTS dan HH sebagai pihak-pihak mengelola dan menimbulkan kerugian negara dalam hal ini PT. ASABRI (Persero), ditetapkan sebagai Tersangka TPPU dengan dikenakan pasal sangkaan melanggar pasal 3 dan / atau 4 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.


Untuk itu Tim Jaksa Penyidik akan terus mengejar dan menindak siapapun pihak yang terlibat dalam perkara tersebut dan akan diminta untuk bertanggung jawab atas perbuatan yang telah dilakukan dalam perkara tersebut. 


Oleh karena itu Kapuspenkum menghimbau kepada Masyarakat untuk turut serta mengawal dan mendukung penuntasan perkara Perkara Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang dalam Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi di PT. ASABRI (Persero). ( Muzer )


COMMENTS

Name

Adhyaksa Shooting Club,1,Alumni,37,ASN,1,Badiklat,276,Banten,2,BPJS,1,Daerah,5,DPD dan PPWI,13,DPR,2,Gempa,2,Hukum dan Kriminal,2,Intelijen,6,Jakarta,1,Jampidmil,1,Jateng,1,Jawa Tengah,1,KASN,3,Kejagung,508,Kejari,360,Kejati,258,Komunisme,1,Korupsi,3,Kudus,1,Lawyer Terbaik 2019,1,Mamuju,1,MPR,1,NTT,3,Opini,7,Pembinaan,90,Pengadilan Negeri Jakarta,3,Pengadilan Negeri Soe,1,Pengamat,2,Penghargaan bergengsi,1,pidsus,5,Restoratif Justice,1,Serang,2,Sulawesi,2,Sulbar,1,
ltr
item
Adhyaksa Foto Indonesia: Tim Jaksa Penyidik Jampidsus Tetapkan Status Dua Kali Tersangka BTS dan HH Dalam TPPU dan Tipikor Dana Investasi Asabri
Tim Jaksa Penyidik Jampidsus Tetapkan Status Dua Kali Tersangka BTS dan HH Dalam TPPU dan Tipikor Dana Investasi Asabri
https://1.bp.blogspot.com/-XWebhUEoAQM/YESBnEe5zRI/AAAAAAAAkc0/ZISqg0UIBNkdZ2LeQZVovGCzc4Hb5qLGQCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20210128_184720.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-XWebhUEoAQM/YESBnEe5zRI/AAAAAAAAkc0/ZISqg0UIBNkdZ2LeQZVovGCzc4Hb5qLGQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20210128_184720.jpg
Adhyaksa Foto Indonesia
https://www.adhyaksafoto.com/2021/03/tim-jaksa-penyidik-jampidsus-tetapkan.html
https://www.adhyaksafoto.com/
https://www.adhyaksafoto.com/
https://www.adhyaksafoto.com/2021/03/tim-jaksa-penyidik-jampidsus-tetapkan.html
true
2664356013026497916
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy